8 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan metabolisme

Manfaat jus wortel salah satunya adalah meningkatkan fungsi metabolism tubuh. Jus wortel dapat meningkatkan sekresi empedu, yang dapat meningkatkan metabolisme. Ini merupakan tahap di mana tubuh Anda mengubah energi menjadi makanan.

Empedu adalah cairan yang memecah lemak. Menurut sebuah studi dari tahun 2006, peningkatan aliran empedu meningkatkan metabolisme dan peningkatan berat badan pada tikus lab. Hal ini juga bisa menimbulkan hasil serupa pada manusia.

Karena jus wortel dapat mengenyangkan dan rendah kalori, menggantikan jus ini dari soda dan minuman manis lainnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

Penglihatan yang lebih kuat

Sering dikatakan bahwa makan wortel baik untuk mata. Ternyata ada kebenaran di balik klaim ini. Jus wortel adalah sumber beta-karoten yang baik, sejenis vitamin A, yang merupakan salah satu antioksidan paling kuat.

Vitamin A membantu melindungi permukaan mata dan berkontribusi untuk penglihatan yang kuat. Minum jus wortel dapat menangkal berbagai gangguan mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan kebutaan.

Wortel juga mengandung lutein, yang merupakan antioksidan yang melindungi mata dari kerusakan cahaya. Sebuah studi tahun 1994 menemukan bahwa lutein dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula, kelainan mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan.