6 Reaksi Tubuh Saat Alami Kesedihan Mendalam

Liputan6.com, Jakarta Kesedihan merupakan kondisi yang kerap dialami setiap orang. Kadang-kadang keadaan ini membuat Anda merasa tidak semangat untuk beraktivitas. Ternyata kesedihan yang berlarut memiliki dampak secara psikologis serta kesehatan Anda.

Menurut penasihat kesehatan mental Heidi Mc Bain, kesedihan adalah perjalanan yang sangat pribadi karena dapat mempengaruhi fisik setiap orang dengan cara yang berbeda- beda. 

Saat sedih, ada orang yang tidak bisa tidur tapi ada juga yang migrain. Berikut beberapa dampak kesedihan pada tubuh serta cara mengatasinya seperti dilansir laman Bustle, Jumat (4/10/2019).

1. Perubahan pola tidur

Orang-orang yang berduka mungkin mengalami insomnia atau tidur lebih lama dari biasanya, karena jam internal mereka dalam merespons tekanan dari proses emosional.

Walaupun tidur mungkin tidak tampak seperti masalah besar, sebenarnya itu adalah masalah penting dari kesejahteraan Anda serta kesehatan.

2. Kelaparan

Heidi mencatat bahwa kelaparan dapat dipengaruhi oleh kesedihan yang dialami. Banyak orang yang kehilangan nafsu makan atau makan di waktu yang tidak tepat. Kesedihan juga dapat membuat seseorang makan dalam porsi yang besar akibat stres emosional yang dialaminya.

Guna mengatasi kondisi tersebut, sebaiknya Anda layak untuk memastikan bahwa di rumah memiliki jumlah makanan yang banyak, apakah itu makanan beku, dan tetap berusaha menjaga jadwal makan yang normal.

2 dari 3 halaman

3. Menguras Energi

Berurusan dengan kesedihan dapat menguras cadangan energi dalam tubuh Anda. Membuat Anda merasa lebih lemas saat sedih. 

Bahkan kondisi ini membuat Anda mungkin merasakan letih bahkan jika ketika belum melakukan aktivitas. Hal tersebut terjadi akibat proses emosional yang mempengaruhi kekuatan fisik tubuh Anda.

Guna mengatasinya berlatihlah beberapa trik relaksasi, dan luangkan waktu untuk tidur di siang hari.

4. Sulit berkonsentrasi

Sulit konsentrasi merupakan gejala fisik yang umum terjadi. Penelitian menunjukkan bahwa kesedihan berdampak serius pada fungsi kognitif, mengakibatkan seseorang sulit untuk berpikir.

Tak ada salahnya juga meminta dukungan dari orang terdekat bila sedih melanda.

3 dari 3 halaman

5. Jantung Berdebar

ilustrasi serangan jantung/Photo by Giulia Bertelli on Unsplash

5. Jantung berdebar

Kesedihan bisa memicu kecemasan. Hal itu dapat mengakibatkan gejala seperti jantung yang berdebar dan tekanan darah tinggi.

Ketika kondisi ini terjadi cobalah dengan berlatih bernapas dengan menarik napas dari hidung dan keluarkan dari mulut cara tersebut dilakukan guna mengembalikan ritme jantung Anda.

6. Migrain

Jika Anda belum pernah mengalami migrain sebelumnya, kesedihan yang terjadi bisa memicu hal tersebut terjadi. Penelitian menunjukkan bahwa migrain dapat dipicu oleh stres dan emosi yang ekstrem.

Penulis : Eflien Anggelien