5 Penyakit Tulang yang Jarang Disadari, Segera Cek Sebelum Terlambat

Penyakit tulang lainnya ialah paget. Paget terjadi pada tulang akibat adanya gangguan pada proses daur ulang sel tubuh, saat jaringan tulang yang baru menggantikan jaringan tulang yang lama.

Seiring dengan berjalannya waktu, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan tulang yang menjadi rapuh dan berubah bentuk. Penyakit tulang Paget paling sering ditemukan pada tulang panggul, tulang tengkorak kepala, tulang belakang, dan tulang tungkai.

Sebagian besar orang dengan penyakit Paget tidak menunjukkan tanda atau gejala khusus. Bila terdapat tanda atau gejala, keluhan yang paling sering diutarakan adalah nyeri tulang.

Komplikasi dari penyakit Paget dapat mencakup patah tulang, gangguan pendengaran, serta saraf terjepit pada tulang belakang. Penanganan yang dilakukan umumnya mencakup pemberian obat untuk menguatkan tulang. Pada kasus yang dinilai berat, dapat dibutuhkan prosedur pembedahan.

Orang yang berusia di atas 40 tahun memiliki kemungkinan lebih besar mengalami penyakit ini. Risiko juga terjadi bila terdapat anggota keluarga yang memiliki penyakit tersebut.