5 Nutrisi yang Diperlukan Wanita

2.      Kalsium

Kalsium membantu tubuh untuk membentuk sel tulang baru. Dr Nereida mengatakan bahwa saat perempuan mendekati masa menopause, kemampuan untuk membentuk sel tulang baru menurun.

Konsumsi susu tidak dapat memberikan kalsium yang cukup untuk tubuh. Ia merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan 600 miligram supplemen kalsium dua kali  dalam sehari. Selain itu, kalsium juga terdapat dalam tofu, sereal, brokoli dan ikan salmon.

3.      Omega-3

Studi pada tahun 2002 dalam Journal of the American Medical Association menunjukkan bahwa omega-3 dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada perempuan.  

Omega-3 merupakan bentuk dari lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fat). Menurut American Heart Association, lemak sehat ini juga dapat menurunkan pertumbuhan plak pada arteri dan menurunkan tekanan darah.  

“Penelitian menunjukkan bahwa omega-3 dapat meningkatkan kolestrol baik,” kata dr Nereida.  

Beberapa studi menemukan bahwa suplemen minyak ikan yang dikonsumsi sebanyak 1 hingga 4 gram sehari dapat menurunkan tingkat trigliserida sebanyak 20 hingga 50 persen. American Heart Association menyarankan konsumsi ikan terutama ikan salmon, ikan nila atau ikan kod paling tidak dua kali dalam seminggu.