5 Manfaat Omega-3 Untuk Kesehatan yang Tak Boleh Dilewatkan, Mampu Cegah Kanker Payudara

1. Menjaga Perkembangan Otak

Otak merupakan pusat sistem syaraf manusia yang bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Tanpa otak, maka kinerja sehari-hari kamu tidak akan berjalan maksimal.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa omega-3 mampu menjaga perkembangan otak agar tetap maksimal. Nutrisi yang terkandung pada omega-3 dapat menjaga fungsi hormon aktif, seperti serotonin dan dopamin. Kedua hormon ini membuat kamu terhindar dari penyakit otak seperti demensia, skizofrenia, dan Alzheimer.

Kandungan omega-3 yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan manfaat suplemen vitamin B, yang mengarah untuk memperlambat penurunan mental dan memori pada orang tua. Tentunya omega-3 ini sangat dianjurkan dikonsumsi untuk orang yang sudah lanjut usia agar terhindari dari penyakit Alzheimer ataupun demensia.

Tidak hanya baik untuk orang tua, dalam masa pertumbuhan janin jika kekurangan omega-3 sejak dalam kandungan, otaknya tidak akan berkembang optimal. Oleh karena itu, omega-3 sangat baik jika juga dikonsumi oleh ibu hamil. Dengan mengonsumi omega-3 juga dipercaya mampu mengurangi resiko keguguran dan mencegah kelahiran prematur.

2. Menguatkan otot dan tulang

Manfaat omega-3 lainnya yaitu mampu menguatkan otot dan tulang. Sebuah penelitian menunjukkan wanita berusia di atas 65 tahun yang mendapatkan asam lemak Omega 3 dan berolahraga, memiliki otot dua kali lebih kuat dibandingkan mereka yang mengonsumsi minyak zaitun.

Orang yang mengkonsumsi minyak ikan dikatakan memiliki BMD (Bone Mineral Density) atau kepadatan mineral tulang yang lebih besar. Jika kamu seorang binaragawan, tulang dan persendianmu tentu akan menahan banyak tekanan saat melakukan aktivitas berat. Alangkah lebih baiknya jika disertai dengan mengonsumi omega-3 sehingga otot dan tulang menjadi lebih kuat.

Tidak hanya itu saja, orang-orang yang menderita patah tulang akan lebih cepat pulih saat diberi suplemen minyak ikan yang mengandung omega-3.

3. Menjaga kesehatan jantung

Banyak penelitian yang menyebutkan manfaat omega-3 baik untuk kesehatan jantung. Sebuah studi di Circulation menunjukkan sekitar 24% dari orang-orang yang mengkonsumsi minyak ikan yang kaya akan omega-3, tidak mengalami kambuh penyakit jantung.

Dr Alejandro Macchia, seorang ahli jantung di Yayasan GESICA di Buenos Aires,yang memimpin studi tersebut mengatakan kalau minyak ikan terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan minyak ikan mampu melancarkan peredaran darah sehingga kamu bisa terhindari dari penyakit serangan jantung.