5 Langkah Atasi Mata Lelah karena Gawai

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan terlalu lama menatap layar telepon genggam, komputer atau televisi menjadi salah satu pemicu terjadinya kelelahan pada mata.

Meski kondisi mata seperti ini tidak terlalu mengganggu tapi menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam siaran persnya untuk tidak mengabaikan mata lelah.  

Ada beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengurangi kelelahan mata. Berikut ini lima tips seperti yang di lansir dari laman Health Fitness Revolution.

1. Olahraga mata

Mata juga perlu olahraga, hal tersebut berfungsi untuk meningkatkan penglihatan Anda secara alami. Anda perlu melakukan olahraga ini berbulan-bulan untuk mendapat hasil yang maksimal.

Olahraga mata juga dapat dilakukan ketika mata mulai teras lelah. Dengan cara mengedip 10 kali dengan cepat, lalu arahkan pandangan ke sudut mata masing-masing. Lakukan cara terseut sebanyak 10 hingga 20 kali.

2. Sering berkedip

Berkedip secara sering akan membantu untuk mengistirahatkan mata. berkedip juga dapat membantu mempertahankan kelembaban pada mata Anda.

2 dari 3 halaman

3. Atur Pencahayaan dengan baik

Ilustrasi mata (iStockphoto)

Memiliki pencahayaan yang baik saat bekerja atau belajar sangat penting untuk memastikan bahwa Anda dapat melihat dengan baik. Dengan pencahayaan yang baik dapat membuat kinerja otak menjadi berfungsi lebih baik. Perlu diingat pencahayaan lebih baik dalam kondisi sedang, tidak terlalu terang atau gelap yang dapat mengakibatkan ketegangan pada mata.

4.Atur cahaya komputer tidak terlalu silau

Silau pada layar komputer sangat membuat mata Anda menjadi stres. Retina peka terhadap cahaya, jadi cobalah menghindari tetapan tajam ke layar komputer. 

5. Periksa mata rutin

Mata merupakan komponen penting pada tubuh, jadi selalu pastikan untuk memeriksakan kesehatannya setiap tahun. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan mata Anda dalam keadaan sehat.

Penulis : Eflien Anggelien

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut