5 Cara Mudah Hilangkan Lemak Perut

4. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup

Kekurangan tidur akan meningkatkan hormon rasa lapar secara drastis. Hormon ini akan meningkatkan ghrelin yang menstimulasi rasa lapar. Studi juga menunjukkan bahwa saat tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup, maka tubuh akan lebih menginginkan makanan kemasan.

Pastikan Anda tidur paling tidak tujuh hingga delapan jam setiap malam. Jika memungkinkan, tidurlah pada waktu yang sama setiap malam. Salah satu studi menemukan bahwa perempuan yang melakukan hal tersebut dan tidur 8 jam per malam akan memiliki jumlah lemak tubuh lebih rendah.

5. Rileks

Stres dapat merusak kesehatan tubuh. Tubuh akan selalu merespon hal-hal yang terjadi. Sebuah studi dalam Psychosomatic Medicine mengatakan bahwa stres memiliki dampak pada kenaikan berat tubuh.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa perempuan rentan terhadap efek dari stres, sehingga lemak perut meningkat lebih cepat. Dalam studi Psychoneuroendocrinology juga dikatakan bahwa perempuan seringkali mengonsumsi makanan manis saat merasa stres. Itulah mengapa rileks diperlukan.

Studi pada tahu 2011 dalan Journal of Obesity juga menunjukkan bahwa perempuan yang mengalami penurunan stres biasanya dapat menurunkan jumlah lemak perut lebih banyak. Anda dapat melakukan yoga atau jenis meditasi lainnya. Pilihlah teknik yang cocok untuk Anda sehingga Anda akan merasa nyaman untuk melakukannya.

Penulis: Khairuni Cesario