4 Tantangan Parenting Masa Kini

Liputan6.com, Jakarta Tiap-tiap zaman memiliki tantangan pola asuh anak (parenting) yang berbeda termasuk bagi generasi milenial yang kini sudah menjadi ayah dan ibu. Orangtua bekerja serta teknologi yang makin canggih membuat orangtua punya tantangan tersendiri saat mengasuh anak.

Menurut psikolog Saskhya Aulia Prima ada empat tantangan parenting di masa kini, yakni:

  • Anak mudah terpapar informasi dan orang asing
  • Anak tidak mudah mempercayai informasi yang diterima, termasuk informasi dari orangtua
  • Orangtua tidak bisa mengawasi anak 24 jam
  • Kesibukan orangtua menjalankan berbagai peran sehari-hari.

Menurut Saskhya, keempat hal ini saling berkaitan dengan kondisi saat ini ketika informasi di era teknologi yang makin canggih. Alhasil, anak jadi lebih mudah terpapar informasi dan ‘bertemu’ orang asing. Bahkan, ketika diberitahu orangtua, anak jadi tidak mudah percaya seperti dikutip rilis dari perusahaan teknologi cerdas untuk anak, IMOO.

2 dari 2 halaman

Teknologi Ibarat Sebilah Pisau

Menanggapi kehadiran teknologi informasi yang makin canggih, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi, mengatakan bahwa teknologi itu ibarat sebilah pisau, bisa memberikan efek positif dan negatif. Oleh karena itu, penting bagi orangtua melakukan monitoring saat anak dan orangtua berada di lokasi yang berbeda. 

Untuk melakukan monitoring kepada anak, salah satu hal yang bisa digunakan adalah menggunakan teknologi watch phone. Lewat teknologi ini, orangtua dan anak bisa saling berkomunikasi.