4 Langkah Biasakan Anak Duduk di Car Seat

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan tempat duduk khusus (car seat) untuk anak ketika bepergian dengan mobil bisa jadi belum begitu familiar di Indonesia. Tapi beberapa negara sudah menetapkan penggunaan car seat sebagai salah satu syarat keamanan berkendara mereka. Orangtua perlu melatih anak agar mau duduk di car seat, jauh dari buaian ibu atau ayah. Seperti apa caranya? Simak pengalaman Mommy Stephanie Handiono dari Babyologist.

Bepergian jauh dengan anak menggunakan mobil memang hal yang menyenangkan, tetapi bagi sebagian orang tentu merupakan hal yang sangat melelahkan. Karena pasti orangtua akan dibuat sibuk dengan anak kecil yang tidak bisa diam duduk di mobil. Bagi saya, melatih anak saya (Yehuda) untuk duduk di car seat adalah hal yang wajib. Karena di samping untuk keamanan anak, car seat juga berguna untuk kenyamanan si Kecil.

Nah saya akan membagikan beberapa tips dan trik agar anak mau duduk di car seat saat bepergian:

1. Setiap duduk di mobil, selalu biasakan anak duduk di car seat, walaupun anak pasti akan menangis. Biarkan mereka tetap duduk di car seat, jangan angkat dia dan ingatkan dia bahwa kalau di mobil harus duduk di car seat untuk keamanannya. Perlu dan wajib dilakukan saat anak berusia kurang dari 1 tahun.

Hal ini saya lakukan dari Yehuda usia 6 bulan. Awalnya menangis-menangis terus minta turun/lepas dari car seat. Tapi tetap saya diamkan, hanya saya kasi pengertian kalau mau duduk di mobil duduk di kursinya sendiri (car seat).

2. Beri dia mainan untuk dipegang selama duduk di car seat, jika anak sudah mulai bosan, ganti dengan mainan lain. Ingat, mainan ya, jangan kasi gadget. Biasa saya kasi mainan buku mewarnai/mainan mobil-mobilan/mainan setir mobil, jadi seolah-olah anak juga sedang menyetir mobil.

3. Selalu ajak anak ngobrol sambil diajak nyanyi lagu kesukaannya. Hal ini membantu anak menjadi riang dan tidak bosan sepanjang perjalanan.

4. Bila melakukan perjalanan jauh, pastikan selalu berhenti selama 3 jam. Turunkan anak dari car seat dan ajak anak turun dari mobil. Hal ini untuk mencegah sakit/pegal–pegal pada anak. Selalu cek dan ganti diapers anak setiap 3 jam. Sejauh ini anak saya sekarang sangat menikmati duduk di car seat-nya. Dan ini sangat membantu saya dan suami saya ketika bepergian jauh dengan mobil tanpa bantuan nanny/baby sitter.

Saya tidak capek harus memangku anak saya dan suami saya pun bisa menyetir dengan aman tanpa ada gangguan anak yang berjalan-jalan di mobil, yang kadang suka pindah-pindah tempat duduknya ke depan, kadang ke belakang. Nah Moms, bisa dicoba ya tips dan trik dari saya ini, supaya Moms tidak capek dan tidak kapok untuk bepergian jauh dengan si Kecil.