4 Khasiat Hebat Lidah Buaya yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman punya banyak manfaat bagi kulit. Biasanya kita menggunakan gel lidah buaya untuk mendinginkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

“Tanaman ini menyimpan air, ada cairan bening seperti gel yang mengandung vitamin, antioksidan, mineral dan asam amino,” kata dokter spesialis kulit, Joel Schlessinger.

Selain itu, berikut empat manfaat gel maupun produk yang mengandung lidah buaya yang tak kalah hebat lainnya seperti dilansir Good Housekeeping, Sabtu (10/8/2019).

1. Meringankan iritasi

Kulit kemerahan? Jika kulit Anda tidak sensitif coba oleskan gel lidah buaya. Di dalam gel lidah buaya terdapat senyawa yang bisa mendinginkan peradangan seperti disampaikan dermatolog asal Austin, Amerika Serikat, Jennifer Gordon.

2 dari 4 halaman

2. Psoriasis

Ilustrasi lidah buaya/copyright shutterstock

Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit yang bersifat kronis atau berkepanjangan. Ada beberapa krim lidah buaya yang bisa digunakan untuk meringankan rasa gatal dan peradangan pada orang dengan kondisi ini seperti mengutip laman Mayo Clinic.

Namun, jangan coba sembarangan. Lebih baik konsultasikan dengna dokter Anda jika ingin melakukannya.

3. Atasi jerawat

Beberapa krim antijerawat mengandung lidah buaya. Bukan tanpa alasan, tanaman ini mengandung sifat antibakteri, asam salisilat dan antiperadangan.

3 dari 4 halaman

4. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Lidah buaya. (Foto: iStockphoto)

“Lidah buaya mengandung senyawa yang dikenal dapat membantu menghambat jamur, bakteri, dan virus,” kata dermatolog, David Lortscher.

Kandungan tersebut membantu mempercepat penyembuhan termasuk luka bakar tingkat pertama dan kedua seperti dikutip dari Mayo Clinic.

4 dari 4 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini