4 Cara Membantu Seseorang yang Depresi

Liputan6.com, Jakarta Ketika ada sahabat atau anggota keluarga yang didiagnosis depresi, biasanya ada rasa ingin membantu meringankan. Namun, banyak yang tak tahu harus berbuat apa yang tepat.

“Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat mereka merasa lebih baik,” ucap Jackie Gollan, asisten profesor di Department of Psychiatry and Behavioral Sciences, Northwestern University Feinberg School of Medicine, Chicago, Amerika Serikat.

Berikut empat hal yang dapat Anda lakukan untuk seseorang yang mengalami depresi seperti dilansir Health, Selasa (13/8/2019). 

1. Pengobatan adalah kunci

Depresi adalah kondisi medis yang membutuhkan perawatan medis. Sebagai teman atau anggota keluarga, Anda bisa mendengarkan mereka dan memberikan dukungan tapi mungkin hal itu belum cukup. Karena tidak akan menyelesaikan masalah. 

Jadi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mendukung pengobatan mereka.  “Ketika kaki Anda patah, Anda akan pergi ke dokter atau rumah sakit. Jika Anda mengalami depresi, Anda membutuhkan pengobatan medis dan dukungan sosial,” ucap Gollan.

2 dari 4 halaman

3. Bicarakan Hal Tersebut

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

 Tunjukan pada mereka bahwa Anda peduli dan ada untuk mereka. Tawarkan bantuan untuk mengantarkan mereka pengobatan dan jika mereka ingin bercerita maka dengarkan.

“Hal ini dapat mengurangi risiko bunuh diri. Dengarkan dengan hati-hati dan jangan takut untuk meminta tolong kepada ahli,” jelas Gollan.

3. Pertahankan komunikasi

Hubungi atau kunjungi mereka dan ajak mereka untuk aktif berkegiatan. Seseorang dengan depresi mungkin saja berpikir dirinya terisolasi karena tidak ingin mengganggu orang lain. Pilihlah aktivitas yang mungkin ia sukai, olahraga bersama misalnya.

3 dari 4 halaman

5. Fokus terhadap Capaian Kecil

Ilustrasi/copyright pexels.com/pixabay.com

Seseorang yang alami depresi mungkin mempertanyakan, ‘Mengapa harus melakukan ini? Mengapa saya harus bangun dari tempat tidur hari ini?’ Anda dapat membantu mereka dengan memberikan jawaban yang positif.

Beri pujian tapi tidak perlu berlebihan atas pencapaian mereka setiap harinya. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti berhasil beranjak dari tempat tidur. 

Penulis: Diviya Agatha

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: