322 RS Tipe C Sediakan Layanan Cuci Darah

Liputan6.com, Jakarta Jumlah fasilitas kesehatan (faskes) untuk cuci darah (hemodialisa) bagi pasien gagal ginjal terbanyak diduduki rumah sakit kelas C. Artinya, pasien gagal ginjal dapat cuci darah di rumah sakit kelas C yang tersebar di wilayahnya masing-masing.

Saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Budi Mohamad Arief menjelaskan jumlah persebaran faskes yang sudah tersedia fasilitas cuci darah.

“Untuk faskes penyediaan cuci darah terbanyak adalah rumah sakit kelas C. Persentasenya 46 persen,” kata Budi, ditulis Sabtu, 16 Maret 2019.

Berdasarkan Data Sebaran Faskes Hemodialisa, jumlah faskes untuk cuci darah dari rumah sakit tipe C sebanyak 322 rumah sakit. Sementara itu, fasilitas cuci darah terdapat di 29 RS kelas A; 273 RS kelas B; 51 RS kelas D, dan 44 klinik utama.

RS kelas C ini terdapat di setiap kabupaten yang sudah memberikan layanan kedokteran spesialis terbatas. Pasien dari puskesmas dapat dirujuk ke rumah sakit kelas C.

Simak video menarik berikut ini:

Bagaimana sebenarnya prosedur cuci darah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)? Berikut penjelasan Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM.