2 Aplikasi Ini Bantu Anda Temukan Tempat Isi Ulang Air Minum Terdekat

Dengan rating 3,5 dari 66 ulasan di Google Play Store, RefillMyBottle bisa berguna bagi Anda yang mencari isi ulang air minum terdekat baik gratis atau berbayar, lewat peta yang ada. Baik kafe, resor, museum, atau toko.

“Kami adalah komunitas pelancong yang bertanggung jawab, penduduk setempat yang sadar, dan pemilik bisnis yang peduli, yang mengambil tindakan terhadap limbah plastik,” tulis mereka dalam laman resminya dikutip Rabu (12/6/2019).

Gerakan tersebut sendiri dimulai di Bali. Di mana lebih dari 6 juta botol plastik sekali pakai digunakan dan dibuang setiap bulannya. Sejak saat itu, inisiatif ini sudah berkembang ke beberapa negara seperti Vietnam, Laos, dan Korea.

“Kurangnya sistem pengelolaan limbah berarti bahwa botol-botol air ini berakhir di tempat pembuangan sampah, laut, atau dibakar yang menghasilkan asap beracun. Jelas bahwa masalahnya perlu diatasi di sumbernya dengan mengurangi konsumsi botol air plastik.”

Di Play Store, aplikasi ini sudah diunduh oleh 10 ribu pengguna dan bisa digunakan di wilayah-wilayah luar Bali seperti Jakarta. Anda juga bisa menggunakannya untuk menghitung kebutuhan air minum per hari.