12 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Tubuh Bugar Luar Dalam

7. Kurangi stres

Ketika tubuh dalam keadaan stres, tubuh akan merilis hormon bernama kortisol, yang membuat seseorang seakan-akan sadar bahwa ia berada dalam situasi yang kurang menguntungkan. Alhasil, hormon ini dapat mengganggu fungsi tubuh dalam jangka panjang.

Dengan yoga, tingkat stres dapat direduksi, sehingga produksi kortisol berkurang dan membuat jiwa jadi lebih tenang. Selain itu, yoga dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks, serta memberikan bantuan fisik dan stres emosional yang dibutuhkan tubuh sepanjang masa-masa kehamilan.

8. Perbaiki mood

Sebuah studi 2011 dari Boston University School of Medicine menemukan bahwa manfaat yoga yang lainnya adalah meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan. Hal ini disebabkan karena berlatih yoga dapat meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang buruk sering dihubungkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi dan juga depresi. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat membantu Anda tingkatkan kualitas tidur.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2005, orang-orang yang mempraktikkan yoga dapat tertidur lebih cepat dibanding mereka yang tidak mempraktikkan yoga. Terlebih lagi, periode tidur berlangsung cukup lama dan mereka merasa lebih tenang saat bangun di pagi hari.

10. Meningkatkan kebiasaan makan sehat

Dengan melakukan yoga, seseorang akan mulai terbiasa dengan jenis makanan yang mengandung banyak gizi. Mereka akan lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

11. Berikan rasa percaya diri

Manfaat yoga untuk kesehatan mental adalah dengan meningkatnya rasa percaya diri seseorang. Ada banyak pose-pose yoga yang menantang, hal ini membutuhkan fisik dan semangat berlatih yang kuat. Sehingga melakukan hal tersebut membutuhkan kekuatan tubuh serta pikiran yang menjadi cara untuk memupuk rasa percaya diri.

12. Mempertajam ingatan

Para ilmuwan yang melakukan scan otak MRI menemukan bahwa orang-orang yang melakukan yoga punya banyak ‘gray matter’ di otak mereka ketimbang yang tidak melakukan yoga.

Gray matter sendiri berfungsi sebagai pusat pemrosesan atau analisa informasi. Dengan melakukan yoga lebih banyak, area tersebut bisa makin meluas dan berpotensi mempertajam ingatan.